Wajib Tahu! Ini Isi Sembako sesuai Kebutuhan Dapur

Senin, 04 September 2023 - 16:45 WIB
loading...
Wajib Tahu! Ini Isi...
Agar makan keluarga sehari-hari terpenuhi dengan baik, Anda harus tahu apa saja isi sembako sesuai kebutuhan yang harus ada di dapur. Foto/ MNC Media.
A A A
Agar makan keluarga sehari-hari terpenuhi dengan baik, Anda harus tahu apa saja isi sembako sesuai kebutuhan yang harus ada di dapur.

Sembako adalah kependekan dari sembilan bahan pokok. Sembilan bahan pokok (sembako) diatur didalam Keputusan Menteri Perindustrian dan Perdagangan Nomor 115/MPP/Kep/2/1998 tanggal 27 Februari 1998.

Seperti diketahui, sembako menjadi bahan pokok yang pada saat tertentu harganya meningkat sehingga membuat heboh kalangan ibu rumah tangga. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kenaikan harga sembako, mulai dari kelangkaan, distribusi yang terganggu hingga kebijakan tertentu seperti pembatasan kuota impor.

Nah, untuk mengantisipasi harga sembako yang naik turun, sebaiknya Anda menyiapkan bahan-bahan pokok berikut ini di dapur.

Isi Sembako Sesuai Kebutuhan

1. Beras
Beras adalah kebutuhan paling pokok masyarakat Indonesia. Beras eceran memudahkan orang untuk membeli sesuai kebutuhan di rumah. Untuk harga beras sendiri bervariasi tergantung merk dan kualitas dari beras.

2. Minyak Goreng dan Margarin
Sebagian besar masyarakat Indonesia sangat menyukai gorengan, sehingga minyak goreng wajib ada di dalam daftar isi sembako di rumah. Ada berbagai macam jenis minyak goreng seperti minyak kelapa, minyak kelapa sawit, minyak zaitun, minyak canola dan minyak wijen. Tapi masyarakat Indonesia paling sering menggunakan minyak kelapa sawit untuk memasak sehari-hari.

Sediakan pula margarin. Kelebihan margarin adalah bisa langsung dikonsumsi seperti untuk membuat roti dan kue. Margarin juga bisa untuk menggoreng bila minyak habis.

3. Susu dan Keju
Susu termasuk salah satu kebutuhan yang diperlukan sehari-hari. Ada beragam jenis susu mulai dari susu bayi, susu anak, remaja, dewasa, ibu hamil hingga lansia. Mengkonsumsi susu setiap hari bisa menjaga kesehatan dan membantu pertumbuhan khususnya tulang. Susu dapat dijadikan campuran makanan ataupun minuman.

Sediakan pula keju . Sejatinya, keju merupakan makanan olahan dari susu dalam bentuk padat. Keju bisa dijadikan sebagai campuran makanan seperti roti, kue hingga masakan pasta.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1151 seconds (0.1#10.140)